Kamis, 05 Januari 2012

Tugas Minggu ke - 4

Tugas 4
1. Seorang pemimpin mempunyai tugas dan peranan di dalam mengarahkan dan mempengaruhi. Jelaskan apa yang diarahkan dan harus dipengaruhi oleh seorang pemimpin !

2. Didalam melakukan kegiatan pengendalian seorang pimpinan perlu memiliki standar penilaian terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Standar apakah yang digunakan oleh pimpinan Universitas Gunadarma dalam mengendalikan kegiatan perkuliahan ? jelaskan jawaban anda !
 
3. Seorang karyawan yang sebelumnya sangat antusias dalam bekerja dalam suatu tim yang menangani suatu proyek tiba tiba menjadi begitu apatis bahkan meminta mundur dari tim proyek, padahal karyawan tadi kontribusinya cukup besar bagi suksenya proyek tersebut.
 Berdasarkan uraian diatas menurut anda kira kira mengapa hal tersebut bisa terjadi ? bila anda sebagai penangung jawab proyek apa yang semestinya anda lakukan ? 
Jawab : 
1. Yang harus di arahkan adalah motivasi dari para staff dan karyawan, dan mengarahkan cara kerja yang baik serta menunjukkan contoh kedisiplinan dan profesionalisme dalam pekerjaan. Sehingga segala sesuatu yang di kerjakan dapat mengasilkan sesuatu yang maksimal dan baik.
2. Standar Penilaian Kegiatan Kuliah Universitas Gunadarma :
- Perencanaan Kegiatan Diantaranya : Silabus Perkuliahan tersedia, Rencana Perkuliahan Telah di susun matang, Tersedia Media dan Sumber pembelajaran yang lain.
- Komunikasi dan Hubungan diantaranya : Dosen memberikan instruksi yang jelas dan singkat, Bukti adanya interaksi antara dosen - mahasiswa - mahasiswa, Lingkungan perkuliahan yang konduksif, Dosen sebagai pendamping dan Fasilitator perkuliahan.
- Proses Perkuliahan diantaranya : Dosen memotivasi mahasiswa pada awal kegiatan kuliah, konstruktivisme, Memberikan presentasi untuk mendukung hasil - hasil kesimpulan mahasiswa, memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mendemonstrasikan hasil pembelajaran mereka, menggunakan strategi dan metode perkuliahan yang bervariasi, mahasiswa belajar dan bekerja dalam pengalaman yang beragam, Profesionalisme dosen saat bertugas, Tugas - tugas ditindaklanjuti, mahasiswa dan mahasiswi memiliki akses yang sama.
3. Kemungkinan hal tersebut terjadi karena beliau mengalami masalah pribadi yang mengganggu pola pikirnya, sehingga membuat sebuah perubahan besar pada sikap beliau.
Yang akan saya lakukan sebagai penanggung jawab adalah menanyakan kepada beliau alasan perubahan sikap dan pengunduran diri secara pribadi, kemudian setelah mengetahui persoalannya saya memberikan solusi dan memberikan support kepada beliau, serta memberikan waktu untuk penyegaran atau refresing, jika kemungkinan terburukny beliau tetap mengundurkan diri, saya akan berusaha semampu saya untuk mencari pengganti beliau, agar proyek yang sudah berjalan dapat terselesaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar